Jumat, 29 Januari 2010

Agama dalam Menyikapi Permasalahan Sosial

Oleh: Roisatul Fauziah
Kader PMII Komisariat Sunan Ampel Kediri
Agama adalah sebuah kepercayaan, rata-rata hampir semua manusia menganut agama. Dan agama didunia ini tidak hanya satu tapi bermacam-macam, karena mereka memiliki teologi masing-masing. Meskipun agama berbeda-beda tapi setiap agama mempunyai satu kesamaan yaitu mengajarkan tentang kebaikan. Sepertihalnya agama islam, ada beberapa ulama yang mengatakan bahwa agama islam adalah agama perdamaian. Tapi mengapa dalam agama islam itu sendiri terdapat lebih dari satu aliran?
Kenapa tidak dijadikan satu aliran saja, supaya bisa mengkokohkan agama islam tersebut? Dan apakah ini adalah salah satu tanda-tanda bahwa agama islam telah terpecahbelah? Kita tidak tahu, mungkin dengan seiring berjalannya waktu dan juga berkembang pesatnya dunia modern ini adalah salah satu alasan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Kembali pada pemahaman tentang memahami perkembangan islam di Indonesia dalam konteks kesejarahan, peranannya di Indonesia serta fungsi kehadiran islam dalam konteks transformasi social sehingga mampu menemukan pijakan teologinya untuk memperjuangkan dan menegakkan nilai-nilai universalitas islam. Dan realitasnya sekarang yang dihadapi oleh agama islam itu sendiri adalah munculnya paradigma-paradigma masyarakat yang mengatakan bahwa agama islam adalah hubungan manusia dengan akheratnya saja, dan cenderung tidak menghiraukan yang ada di dunia. Contohnya bencana Lumpur lapindo yang terus berlarut-larut sampai tidak temu arah tujuannya dan nasip korbannya tidak menentu.
Tindakan advokasi islam cenderung bersifat reaksioner, mereka lumayan tanggap dengan aksi-aksi social tapi itu hanya bersifat momentum. Ini sangat bertolak belakang dengan apa yang selama ini sering digembor-gemborkan bahwa islam itu agama perdamaian, islam itu agama yang suka bersosialisasi, dan islam itu agama dunia dan akherat. Saya tidak tahu siapa yang harus dipersalahkan dalam kasus ini, apakah islamnya ataukah orang-orang yang berada di islam?
Memahami sejarah agama islam di Indonesia dalam perspektif sejarah masyarakat dan sejarah kebangsaan dari zaman kerajaan sampai sekarang, islam adalah agama yang paling tanggap dengan kegiatan-kegiatan social, tapi hanya momentum saja.



0 komentar:

Posting Komentar