Rabu, 03 Maret 2010

Alumni PMII : Ahmad Bagja Siap Pimpin PBNU


Ahmad Bagja Siap Pimpin PBNU
Selasa, 12 Januari 2010 | 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu ulama Nahdlatul Ulama karismatik asal Jawa Barat, Ahmad Bagja, masuk ke bursa pencalonan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Ahmad Bagja, kepada para wartawan, Senin (11/1/2010) malam, menyatakan siap melanjutkan kepemimpinan KH Hasyim Muzadi.

"Bagi saya, apa yang sudah dilakukan Pak Hasyim selama ini sudah baik. Memperkuat internal dan membawa NU ke kancah internasional. Itu memang harus dilanjutkan. Harus siap, apalagi saya sudah 25 tahun berada di NU," ujarnya di Kantor PBNU, Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Selama berkarier di PBNU, Ahmad Bagja

ikut mengharumkan nama NU selama 15 tahun di bawah kepemimpinan almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan selama 10 tahun bersama KH Hasyim Muzadi yang dikenal sebagai salah satu ulama karismatik asal Malang, Jawa Timur. Bagja menegaskan, dirinya merasa harus siap merespons desakan banyak pihak yang meminta dirinya, yang tak lain mantan Ketum PB PMII, menjadi Ketua Umum PBNU.

Pada era kepemimpinan Gus Dur, Bagja selama dua periode menjabat Wakil Sekjen dan satu periode menjadi Sekjen PBNU. Sementara pada masa kepemimpinan KH Hasyim Muzadi, ia menjadi salah satu ketua PBNU. "Pada masa Gus Dus, NU lebih banyak memperkuat internal karena saat itu NU berada pada masa kekuasaan Orde Baru. NU saat itu ditekan sehingga Gus Dur lebih banyak di dalam. Masa KH Hasyim Muzadi, NU mulai tampil pada kancah internasional selain tetap memperkuat internal," ungkapnya.

"Pada masa Pak Hasyim, isu-isu internasional sangat kuat karena ada serangan WTC dan lain-lain. NU muncul dengan kekuatan Islam Indonesia," katanya lagi.

Badja mengaku memiliki konsep membangun NU ke depan. Fungsi serta peran Syuriah, lanjutnya, harus diperkuat dan Tanfidziyah hanya sebagai pelaksana harian. "Soal sikap NU terhadap masalah nasional, Syuriah yang jawab, tapi kalau soal jumlah pesantren dan lembaga pendidikan NU, Tanfidziyah yang jawab. NU ke depan juga akan fokus pada peningkatan ekonomi umat, pengembangan pendidikan. Termasuk layanan sosial dan dakwah," ujar Bagja. (sumber kompas.com)

1 komentar:

salam pergerakan buat sahabat2 PMII komisariat BONGKAR

Posting Komentar